Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Minta Pemda Gencarkan Penerbitan Obligasi Daerah

Azura Yumna Ramadani Purnama
11 June 2024 13:33

Sri Mulyani, Menteri Keuangan. (Dok. Bloomberg)
Sri Mulyani, Menteri Keuangan. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah daerah (pemda) perlu mulai lebih gencar menerbitkan obligasi dan sukuk daerah, beserta beberapa pembiayaan lainnya untuk membiayai kebutuhan daerahnya.

Selain itu, ia mengatakan para kepala daerah perlu mulai melakukan pembiayaan-pembiayaan yang kreatif dan inovatif, salah satunya dengan melakukan kerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Daerah mungkin perlu mulai kenal walau tetap hati-hati  bagaimana terbitkan obligasi dan sukuk daerah, dan mengembangkan pembiayaan kreatif,” kata Sri Mulyani dalam rapat kerja pemerintah dengan DPD RI, Selasa (11/6/2024).

Sementara itu, pada daerah-daerah yang memiliki Dana Bagi Hasil (DBH) yang lebih besar, Sri Mulyani mengimbau agar para pemda dapat mulai membangun dana abadi daerah untuk dapat membiayai pembiayaan jangka panjang.

“Mereka mulai bangun dana abadi daerah sehingga tetap jaga anggaran supaya tidak selalu habis apalagi dalam hal untuk bangun pembangunan jangka panjang dan struktural,” ucap Bendahara Negara.