Logo Bloomberg Technoz

Gelombang pemogokan di Perancis saat ini telah memasuki minggu keempat, dimana para pekerja memutuskan setiap beberapa hari sekali apakah mereka akan tetap bertahan atau tidak. Pemungutan suara di Lavera, salah satu dari enam kilang minyak Prancis yang lumpuh, dijadwalkan pada hari Jumat. Pemogokan dan protes nasional lainnya terhadap rencana reformasi Presiden Emmanuel Macron dijadwalkan pada tanggal 6 April.

Sumber: Bloomberg

Gangguan pun meluas ke pelabuhan-pelabuhan, dengan jutaan barel minyak mentah mengapung di lepas pantai negara itu dan tidak dapat keluar. Mogok kerja di terminal minyak Lavera dan Fos  — yang diandalkan kilang untuk pasokan minyak — diperpanjang hingga pemberitahuan lebih lanjut. Terminal gas alam cair juga terpengaruh dan mengurangi pasokan bahan bakar regasifikasi ke jaringan lokal.

Mengenai kekurangan di pom bensin, Pannier-Runacher mengatakan kepada Sud Radio bahwa ada "sedikit peningkatan di seluruh Prancis, dengan beberapa daerah yang masih kesulitan." Exxon Mobil Corp mengatakan sebelumnya bahwa bagian dari pantai barat dan daerah sekitar Marseille di Mediterania telah mengalami kekurangan.

Prancis memanfaatkan pasokan daruratnya tahun lalu sekitar bulan Juni, sebagai bagian dari penarikan stok yang terkoordinasi secara global. Adapun kemudian pada 2022 ketika gelombang mogok kerja sebelumnya menyebabkan penutupan sebagian besar kapasitas penyulingan minyak dan menambah tekanan pada pasar diesel.

Poin-poin lainnya tentang pemogokan dan BBM di Prancis:

* Sekitar 9,4 juta barel solar, bensin, dan bahan bakar jet telah tersedia untuk bulan ini, lebih dari permintaan seminggu

* Konsumsi produk olahan Prancis, mulai dari LPG hingga solar dan bahan bakar jet, sekitar 1,5 juta barel per hari, menurut IEA.

* Pelepasan stok darurat juga mencakup sekitar 940.000 barel minyak mentah.

* Exxon menutup unit petrokimia hari Kamis di kompleks Gravenchon. Gravenchon adalah salah satu dari empat kilang minyak Prancis yang berhenti beroperasi.

* Tiga terminal LNG Prancis yang dioperasikan oleh Elengy SA — Montoir, Fos Tonkin, dan Fos Cavaou — diblokir sejak 6 Maret.

* Terminal keempat negara itu, Dunkerque LNG, juga diblokir oleh unjuk rasa pada bulan ini sebelum melanjutkan operasi. Unjuk rasa sporadis telah beberapa menghentikan pengiriman bahan bakar regasifikasi ke jaringan lokal termasuk pada minggu ini.

--Dengan asistensi Jenny Che, Francois de Beaupuy, Albertina Torsoli, Bill Lehane and Elena Mazneva.

(bbn)

No more pages