Logo Bloomberg Technoz

Demo Besar di Prancis Membuat BBM Langka

News
31 March 2023 12:54

Unjuk rasa di Prancis (Sumber: Bloomberg)
Unjuk rasa di Prancis (Sumber: Bloomberg)

Rachel Graham dan Jack Wittels, Bloomberg News

Bloomberg, Prancis mengalami kekurangan pasonkan bahan bakar minyak (BBM) seperti bensin dan solar, karena dampak demo besar yang menuntut rencana reformasi pensiun yang telah mempengaruhi produksi dan penyaluran. Negara ini telah menyalurkan 10 juta barel lebih minyak sejak serentetan aksi buruh terbaru dimulai lebih dari tiga minggu yang lalu.

Bahan bakar yang disalurkan mencakup bensin, solar, dan bahan bakar penerbangan dan setara dengan permintaan lebih dari seminggu.

Aksi protes yang berlarut tersebut membuat pemerintah bertindak dengan menyerukan agar menghemat bahan bakar jet dan meminta maskapai penerbangan untuk mengisi bahan bakar di bandara-bandara yang tidak mengalami kelangkaan, termasuk di luar negeri.

Sejumlah penerbangan dibatalkan, karena petugas lalu lintas udara ikut dalam aksi demonstrasi atau protes tersebut. Sekitar 11% stasiun pengisian bahan bakar kehabisan setidaknya satu jenis bahan bakar motor, kata Menteri Transisi Energi Agnes Pannier-Runacher, sebuah peningkatan dari hari sebelumnya yang mencapai 15%.