Logo Bloomberg Technoz

Bahaya Radang Paru-paru yang Diderita Raja Salman pada Lansia

Dinda Decembria
27 May 2024 18:30

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud (kanan) dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman (kiri). (Sumber: Bloomberg)
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud (kanan) dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman (kiri). (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz mengalami radang paru-paru beberapa waktu lalu.

Raja yang telah berusia 88 tahun itu sebelumnya mengalami demam tinggi dan nyeri sendi. Ia pun menjalani tes medis di Klinik Kerajaan di Istana Al Salam.

Lalu, seberapa besar bahaya dari radang atau infeksi paru-paru terhadap lansia? Ketua Bidang Kajian Penanggulangan Penyakit Menular PB IDI, Prof DR Dr Agus Dwi Susanto Susanto, SpP(K) mengatakan pada umumnya gejala yang dialami lansia tidak spesifik. Namun, penularan infeksi paru-paru lebih cepat pada seseorang yang telah lanjut usia ketimbang usia muda. Penyebarannya pun bisa memperparah kegagalan organ. 

"Kalau berbahaya sampai kegagalan napas, masuk ICU, dan meninggal kalau radang paru," kata Prof Agus saat berbincang kepada Bloomberg Technoz.

"Bila radang paru itu kuman, bakteri dan masuk dalam aliran darah, terjadi penyebaran sepsis. Kalau sepsis, terjadi kegagalan organ dan meninggal. Maka harus ke dokter untuk penangan lebih tepat," tambahnya.