Logo Bloomberg Technoz

4 Strategi Sepatu Bata Menolak Gulung Tikar

Mis Fransiska Dewi
23 May 2024 17:30

Pengunjung melintas di toko sepatu Bata di Gandaria City, Jakarta, Jumat (10/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pengunjung melintas di toko sepatu Bata di Gandaria City, Jakarta, Jumat (10/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Sepatu Bata Tbk (BATA) mengungkapkan akan fokus pada empat strategi utama yang akan diimplementasikan perseroan guna meningkatkan kinerja keuangan pada 2024. 

Hal ini dilakukan untuk mendorong efisiensi dalam aspek operasional perusahaan. Langkah tersebut didukung dengan pengawasan yang komprehensif terhadap upaya pengendalian biaya-biaya.

Sebelumnya, pada 30 April 2024 BATA telah menutup pabriknya yang berada di kawasan Purwakarta, Jawa Barat. Penutupan pabrik produsen sepatu ternama di Indonesia itu imbas dari sulit pulihnya permintaan pasar dan penjualan setelah diterpa badai selama pandemi Covid-19.

Presiden Direktur PT Sepatu Bata Tbk (BATA) Anirban Asit Kumar Ghosh mengatakan, ada empat strategi utama BATA yakni pertama melakukan efisiensi atas biaya-biaya yang dikeluarkan. Kedua meningkatkan kualitas pelayanan pada setiap toko. Ketiga melakukan promosi penjualan untuk meningkatkan penjualan. Keempat melakukan penguatan penjualan secara online melalui aplikasi pihak ketiga dan Bata website. 

“Dengan menerapkan strategi yang tepat dan aplikatif, Bata yakin mampu memanfaatkan peluang dan menjawab tantangan-tantangan bisnis untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan,” kata Anirban dalam laporan tahunan berkelanjutan dikutip Kamis (23/5/2024).