Logo Bloomberg Technoz

Saksi Sebut Cucu SYL Pakai Mobil Kementan Selama 2 Tahun

Muhammad Fikri
22 May 2024 20:30

Mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadir saat konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadir saat konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pejabat Kementerian Pertanian kembali mengungkap kelakuan keluarga mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang memanfaatkan uang dan fasilitas kementerian untuk kepentingan pribadi. Kali ini, Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan), Fadjry Djufry menjadi saksi dalam kasus dugaan korupsi pemerasan dan penerimaan gratifikasi SYL di PN Tipikor Jakarta.

Keluarga SYL yang diungkapkan memanfaatkan uang dan fasilitas Kementan adalah Andi Tenri Bilang Radisyah Melati alias Bibie -- cucu dari SYL.

Menurut Fadjry, Bibie tercatat menggunakan kendaraan atau mobil milik Kementerian Pertanian untuk kepentingan pribadi selama dua tahun. Mobil jenis Toyota Nav tersebut terus digunakan Bibie pada 2020-2022. 

"Kita meminjamkan mobil selama beberapa tahun. Sejak 2020 sampai 2022," kata Fadjry, Rabu (22/5/2024).

Tak hanya mobil, Kementan ternyata juga rutin memberikan uang dalam bentuk honor kepada Bibie. Hal ini terjadi karena Biro Hukum Kementan dipaksa memasukkan Bibie yang masih berusia 22 tahun tersebut sebagai tenaga ahli.