Logo Bloomberg Technoz

Israel Tarik Dubes dari Irlandia-Norwegia karena Akui Palestina

News
22 May 2024 18:30

Ilustrasi bendera Israel. (Scott Eells/Bloomberg)
Ilustrasi bendera Israel. (Scott Eells/Bloomberg)

Jennifer Duggan dan Galit Altstein - Bloomberg News

Bloomberg, Israel memanggil pulang duta besarnya untuk Irlandia dan Norwegia setelah kedua negara tersebut mengumumkan bahwa mereka akan mengakui negara Palestina.

Langkah terkoordinasi ini, yang segera diikuti oleh Spanyol, menggarisbawahi bagaimana perang Israel melawan Hamas di Gaza memusatkan perhatian dunia pada isu kenegaraan bagi warga Palestina dan merusak hubungan Israel dengan negara-negara lain.

"Israel tidak akan berpuas diri terhadap mereka yang merongrong kedaulatannya dan membahayakan keamanannya," kata Menteri Luar Negeri Israel Katz pada Rabu dalam sebuah pernyataan. "Irlandia dan Norwegia bermaksud untuk mengirim pesan kepada Palestina dan seluruh dunia hari ini: Terorisme harus dibayar."

Ia mengeluarkan pernyataannya beberapa saat sebelum Spanyol juga mengatakan bahwa mereka akan secara resmi mengakui sebuah negara merdeka di wilayah yang terdiri dari Gaza dan Tepi Barat. Sekitar 140 negara telah mengakui negara Palestina, namun hingga saat ini masih sangat sedikit di Eropa.