Logo Bloomberg Technoz

Simak Bocoran Arah Bunga Acuan BI

Azura Yumna Ramadani Purnama
22 May 2024 15:03

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengumumkan Hasil Rapat Dewan Gubernur Bulanan Bulan Mei 2024. (Youtube Bank Indonesia)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengumumkan Hasil Rapat Dewan Gubernur Bulanan Bulan Mei 2024. (Youtube Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari ini, Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menahan suku bunga acuan setelah bulan lalu terjadi kenaikan. Ke depan, seperti apakah arah kebijakan moneter MH Thamrin?

"Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 21-22 Mei 2024 memutuskan untuk mempertahankan BI Rate sebesar 6,25%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,5%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 7%," kata Perry Warjiyo, Gubernur BI, dalam jumpa pers usai RDG di kantornya, Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Konsensus pasar yang dihimpun Bloomberg memperkirakan BI Rate tetap bertahan di 6,25% dalam RDG bulan ini. Dari 36 analis/ekonom yang terlibat dalam pembentukan konsensus, seluruhnya memperkirakan demikian. Aklamasi, sepakat bulat, tiada dissenting opinion.

Bulan lalu, BI memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan 25 basis poin (bps). Keputusan yang mengejutkan, karena pasar memperkirakan BI Rate masih bertahan di 6%.

"Arah kebijakan BI akan tetap data dependent. Setiap bulan kami menakar kembali," ujar Perry.