Logo Bloomberg Technoz

Respons Jokowi Usai Tak Diundang ke Rakernas PDIP

Mis Fransiska Dewi
21 May 2024 17:40

Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PSIP Megawati Soekarnoputri dan capres Ganjar Pranowo (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita)
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PSIP Megawati Soekarnoputri dan capres Ganjar Pranowo (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal keputusan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang enggan mengundangnya pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V pada 24-26 Mei mendatang. Presiden yang sebenarnya masih berstatus kader PDIP tersebut tak ingin mengomentari isu ini lebih panjang. 

"Ditanyakan ke yang mengundang [PDIP], jangan ke saya," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan secara virtual, Selasa (21/5/2024).

PDIP sebelumnya memastikan tak mengundang Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang sebenarnya kerap hadir usai terjadi polemik antara partai tersebut dengan Jokowi dan keluarga. 

"Yang jelas presiden dan wakil presiden tidak diundang. Kenapa karena beliau sangat sibuk dan menyibukkan diri," kata Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Djarot Saiful Hidayat, Kamis (16/5/2024).

Dia mengklaim, Rakernas V adalah agenda internal yang akan membahas sejumlah hal strategis termasuk sikap politik PDIP pada pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan pemenangan Pilkada Serentak 2024. Hal ini seolah menegaskan posisi Jokowi dan keluarganya yang kini sudah berada di luar lingkaran PDIP.