Logo Bloomberg Technoz

Alasan PDIP Tak Undang Jokowi ke Rakernas Pekan Depan

Redaksi
16 May 2024 19:15

Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PSIP Megawati Soekarnoputri dan capres Ganjar Pranowo (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita)
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PSIP Megawati Soekarnoputri dan capres Ganjar Pranowo (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan menggelar rapat kerja nasional atau Rakernas V pada 24-26 Mei 2024. Akan tetapi, partai berlambang kepala banteng tersebut memastikan tak akan mengundang kadernya yang saat ini menjadi presiden yaitu Joko Widodo (Jokowi).

PDIP juga memastikan tak mengundang Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang sebenarnya kerap hadir usai terjadi polemik antara partai tersebut dengan Jokowi dan keluarga. 

"Yang jelas presiden dan wakil presiden tidak diundang. Kenapa karena beliau sangat sibuk dan menyibukkan diri," kata Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Djarot Saiful Hidayat, Kamis (16/5/2024).

Dia mengklaim, Rakernas V adalah agenda internal yang akan membahas sejumlah hal strategis termasuk sikap politik PDIP pada pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan pemenangan Pilkada Serentak 2024. Hal ini seolah menegaskan posisi Jokowi dan keluarganya yang kini sudah berada di luar lingkaran PDIP.

Sebelum Pemilu 2024, Jokowi adalah kader yang selalu hadir dan mendapat tempat khusus di setiap acara PDIP. Hubungan tersebut mulai retak saat Jokowi mulai memberikan dukungan pada calon yang berbeda dengan PDIP yang mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD.