Logo Bloomberg Technoz

Elon Musk Luncurkan Starlink, Internet Malah Berulang Kali Putus

Redaksi
19 May 2024 17:01

Elon Musk di Peresmian Layanan Internet 'Starlink' Bali (YouTube KompasTV)
Elon Musk di Peresmian Layanan Internet 'Starlink' Bali (YouTube KompasTV)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bos SpaceX, Elon Musk resmi meluncurkan layanan internet PT Starlink Services  Indonesia (SSI) di Kantor Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Jalan Muh Yamin VIII, Denpasar, Bali. Dalam acara tersebut, kekuatan jaringan Starlink juga diuji coba di dua lokasi lainnya yaitu Puskesmas Pembantu Bungbungan, Klungkung, Bali; dan Puskesmas Tabarfane, Kepulauan Aru, Maluku.

Layanan internet dari bisnis unit Starlink Space Exploration Technologies Corp ini disebut-sebut memiliki kekuatan dan kecepatan yang lebih unggul dari layanan internet yang sudah ada di Indonesia. Alih-alih lancar, sambungan langsung wawancara dokter dan tenaga kesehatan di Pustu Bungbungan berulang kali terputus.

Akses internet Starlink pertama kali menunjukkan kendala saat dokter Aris bercerita tentang buruknya jaringan internet di wilayah tersebut. Wawancara tersebut harus diulang karena jaringan internet Starlink terputus sehingga gambar dan suara tak terhubung ke acara peluncuran.

"Coba ulangi lagi dari perkenalan," kata host acara peluncuran tersebut, Ahad (19/5/2024).

Usai terhubung kembali, Aris mengklaim, sebelumnya akses internet di kawasan Bungbungan hanya mencapai 17 Mbps, akan tetapi saat Starlink masuk kecepatan internet bisa menembus 313 Mbps.