Logo Bloomberg Technoz

Tiru AS, Kanada Kaji Naikkan Hambatan Tarif bagi EV Buatan China

News
18 May 2024 19:45

BYD Yangwang U9
BYD Yangwang U9

Brian Platt - Bloomberg News

Bloomberg, Kanada sedang mengkaji apakah mereka perlu menaikkan hambatan tarif terhadap kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) buatan China, setelah Amerika Serikat (AS) mengumumkan tarif baru yang besar terhadap mobil listrik asal Negeri Panda.

“Kami melihat hal ini dengan sangat hati-hati dan kami melakukan dialog terbuka dengan mitra Amerika kami,” kata Menteri Perdagangan Kanada Mary Ng dalam wawancara telepon dari Peru, saat dia menghadiri pertemuan forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik.

Pemerintahan Biden mengumumkan tarif baru terhadap China pada pekan ini, menargetkan semikonduktor, sel surya, dan produk lainnya. Tarif baru AS terhadap kendaraan listrik buatan China akan berlaku tahun ini, dengan tingkat tarif akhir sebesar 102,5%, naik dari 27,5%.

Kanada mengenakan tarif kecil sekitar 6% pada kendaraan China. Ketika ditanya apakah mereka mungkin perlu menyelaraskan tarifnya dengan AS, Ng kembali mengatakan bahwa pemerintah sedang berbicara dengan para pejabat AS mengenai kebijakan tersebut, “dan kami benar-benar mempertimbangkan hal ini.”