Logo Bloomberg Technoz

Menghindari Bailout, FDIC Beri Pemanis Kepada Pembeli SVB Dkk

News
28 March 2023 16:30

FDIC (Bloomberg)
FDIC (Bloomberg)

Max Reyes - Bloomberg News

Bloomberg, Lembaga penjamin simpanan Amerika Serikat (AS) atau The Federal Deposit Insurance Corp (FDIC) berhasil menghindari bailout dalam menyelamatkan Silicon Valley Bank (SVB) dan Signature Bank.

FDIC memberikan banyak pemanis bernilai jutaan dolar kepada bank-bank yang bersedia mengakuisisi SVB dan Signature hingga saham-sahamnya langsung melonjak.

Dalam kasus SVB yang ambruk pada bulan ini, FDIC menawarkan First Citizens BancShares Inc. diskon besar untuk membeli bank tersebut. Mereka juga memberikan fasilitas pinjaman sebesar US$ 70 miliar serta sepakat untuk menutupi kerugian First Citizens di atas US$5 miliar atas pinjaman komersial selama lima tahun ke depan. FDIC juga setuju memperpanjang pinjaman senilai US$35 miliar ke bank tersebut dalam bentuk surat utang.

Analis Wedbust David Chiaverini mengatakan bahwa saat New York Community Bancorp Inc. (NYCB) mengambil alih deposit dan sebagian dari utang Signature Bank setelah bank tersebut disita oleh regulator, mereka pun mendapatkan kesepakatan yang manis.