Logo Bloomberg Technoz

PDB Kuartal I 2024: Semua Sektor Usaha Tumbuh, Kecuali Pertanian

Sultan Ibnu Affan
06 May 2024 11:27

Pusat ekonomi di jantung kota DKI Jakarta. (Dok Muhammad Fadli/Bloomberg)
Pusat ekonomi di jantung kota DKI Jakarta. (Dok Muhammad Fadli/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2024 tercatat 5,11% dibanding periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy). Dari sisi lapangan usaha, seluruh sektor usaha tumbuh positif kecuali sektor pertanian.

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyastuti menjelaskan lapangan usaha pertanian terkontraksi 3,54% pada kuartal pertama tahun ini. Hal tersebut disebabkan oleh penurunan produksi komoditas pertanian pada kuartal I 2024, khususnya tanaman pangan karena fenomena el nino yang berpengaruh pada paruh kedua 2023.

Berdasarkan data BPS, lapangan usaha utama yang memberikan kontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB) antara lain industri pengolahan, perdagangan, pertanian, konstruksi dan pertambangan. 

"Kelima lapangan usaha mencakup 63,61% dari total PDB," kata Amalia dalam Konferensi Pers Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2024, Senin (6/5/2024).

Menurut Amalia, lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi adalah administrasi pemerintahan, didorong oleh peningkatan belanja pegawai yakni tunjangan hari raya (THR) dan kenaikan, gaji. Kemudian, sektor jasa kesehatan, didukung oleh peningkatan belanja pegawai institusi kesehatan pemerintah. Terakhir, sektor jasa perusahaan, yang didorong oleh peningkatan pendapatan penyelenggaraan acara dan berbagai aktivitas jasa perusahaan lainnya seiring perhelatan pemilu 2024.