Logo Bloomberg Technoz

Konsensus Ekonom: Ekonomi RI Kuartal 1-2024 Tumbuh 5,09%

Tim Riset Bloomberg Technoz
06 May 2024 08:50

Penumpang antre memasuki peron kereta api saat arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Penumpang antre memasuki peron kereta api saat arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari ini, Senin (6/5/2024), Badan Pusat Statistik akan melaporkan kinerja perekonomian Indonesia pada kuartal 1-2024. Hasil konsensus 25 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan Indonesia akan mencatat pertumbuhan ekonomi di angka 5,09% pada kuartal pertama, tumbuh positif dari kuartal sebelumnya di 5,04%.

Hasil survei mencatat, proyeksi tertinggi pertumbuhan ekonomi kuartal satu di angka 5,41% dan terendah di 4,4%. Jumlah perkiraan mencakup 30 proyeksi dan ekonom yang disurvei mencapai 25 orang. Standar deviasi prediksi sebesar 0,17%.

Puncak konsumsi masyarakat seiring kedatangan Ramadan dan Idulfitri yang dimulai sejak pertengahan Maret lalu, menyumbang sebagian besar pertumbuhan pada kuartal pertama. Hal itu didahului oleh kenaikan belanja terkait kebutuhan seputar Pemilu pada Februari 2024. Laju investasi juga terlihat cukup moncer di awal tahun kendati ada hajatan politik yang menahan keputusan para pemilik modal.

Kombinasi tiga hal itu memberikan penguatan sehingga ekonomi kuartal pertama masih melaju di tengah ketidakpastian global dari ketegangan geopolitik serta arah suku bunga Amerika yang memukul rupiah jatuh, ditambah perlambatan ekonomi China yang menyeret kinerja ekspor RI.

"PDB [Produk Domestik Bruto] pada kuartal 1-2024 diperkirakan tumbuh 5,12%-5,17% sehingga membawa pertumbuhan tahun ini di kisaran 5%-5,1% didukung oleh konsumsi domestik dan realisasi penanaman modal," kata Teuku Riefky, ekonom LPEM Universitas Indonesia dalam kajian proyeksi PDB RI yang dirilis baru-baru ini.