Logo Bloomberg Technoz

KONVERSI PERTALITE

ESDM Putar Otak Bikin Harga Bioetanol Setara dengan Bensin

Dovana Hasiana
06 May 2024 10:10

Bahan bakar bioetanol menetes dari pompa bahan bakar./Bloomberg-Si Barber
Bahan bakar bioetanol menetes dari pompa bahan bakar./Bloomberg-Si Barber

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya (ESDM) menilai pembebasan cukai untuk etanol, sebagai bahan baku untuk bahan bakar nabati (BBN), bisa dilakukan sebagai upaya menciptakan harga bahan bakar bioetanol yang kompetitif.

Plt Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan hal ini juga perlu dilakukan untuk menciptakan harga bioetanol yang tidak jauh berbeda dengan harga bahan bakar minyak (BBM) murni.

“Agar harga bahan bakar bioetanol kompetitif, salah satunya dengan pembebasan biaya cukai bioetanol sebagai bahan bakar nabati,” ujar Dadan saat dihubungi Bloomberg Technoz, dikutip Senin (6/5/2024).

Dadan mengatakan masyarakat juga perlu mendapatkan informasi soal perbandingan biaya antara bahan bakar ramah lingkungan seperti bioetanol dengan bahan bakar fosil seperti BBM. 

Ilustrasi bahan bakar nabati (BBN) bioetanol./Bloomberg-Si Barber

Perbandingan biaya tersebut juga perlu memperhitungkan aspek kesehatan dan lingkungan. Menurut Dadan, informasi tersebut dapat mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan energi yang bersih.