Logo Bloomberg Technoz

Maybank Indonesia Terus Tingkatkan Pembiayaan Berkelanjutan


Dok. Maybank Indonesia
Dok. Maybank Indonesia

Jakarta - PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) telah berkomitmen untuk terus meningkatkan pembiayaan Kategori Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KKUB) dalam mendukung proyek ramah lingkungan, terutama pengembangan energi baru dan terbarukan.

Head of Sustainability Maybank Indonesia, Maria Trifanny Fransiska, mengatakan bahwa setiap tahunnya Maybank Indonesia senantiasa mencatat kemajuan kinerja terkait keberlanjutan sesuai dengan target yang ditetapkan.

Pada tahun 2023, Maybank Indonesia telah memobilisasi Rp1,2 triliun untuk pembiayaan UMKM yang disalurkan kepada perempuan pra-sejahtera sebanyak kurang lebih 287.500 orang.

“Total pembiayaan portofolio Maybank Indonesia berdasarkan kriteria Kerangka Kerja Produk Berkelanjutan (Sustainable Product Framework/SPF) pada tahun 2023 mencapai Rp3,5 triliun,” ujar Maria. Kerangka kerja tersebut memandu pengembangan dan klasifikasi produk hijau, sosial, berkelanjutan, sustainability-linked, dan transisi.

Dalam kaitan itu, Maybank Indonesia memberikan pembiayaan kendaraan listrik dan hybrid yang melebihi target sebesar 87% dan meningkatkan kesejahteraan 135.575 rumah tangga melalui penyaluran kendaraan roda dua untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan UMKM.