Logo Bloomberg Technoz

ZiG, Upaya Terbaru Zimbabwe Sembuh dari Hiperinflasi

News
04 May 2024 15:30

Ilustrasi Dolar Zimbabwe (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Dolar Zimbabwe (Sumber: Bloomberg)

Alister Bull-Bloomberg News 

Bloomberg, Dalam upaya terbaru untuk merancang mata uang nasional yang kredibel, Zimbabwe telah mengganti dolarnya dengan ZiG, kependekan dari Zimbabwe Gold. Unit baru ini didukung oleh emas batangan dan cadangan mata uang asing yang disimpan di bank sentral. 

ZiG adalah upaya keenam negara tersebut dalam menetapkan mata uangnya sendiri sejak 2008, ketika hiperinflasi melampaui 500 miliar persen, menurut perkiraan International Monetary Fund. 

Hal ini tidak hanya menjadikannya tidak berharga, tetapi juga mengubah unit tersebut menjadi sebuah lelucon global, Menteri Keuangan AS kadang-kadang membawa uang kertas tersebut di dompet mereka sebagai pengingat akan buruknya hiperinflasi.

Apa yang salah dengan dolar Zimbabwe?

Dihidupkan kembali pada tahun 2019 setelah cuti selama satu dekade ketika negara tersebut hanya mengandalkan mata uang asing, dolar Zimbabwe melemah terhadap dolar AS setiap hari perdagangan tahun ini. Hal ini telah menghapus sekitar 80% nilainya ketika Gubernur bank sentral yang baru ditunjuk yakni John Mushayavanhu, mengakhiri kesengsaraannya pada 5 April.