Logo Bloomberg Technoz

Arab Saudi Sebut Dunia Telah Mengecewakan Gaza

Redaksi
29 April 2024 20:30

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan Al Saud. (Fotografer: Jeenah Moon/Bloomberg)
Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan Al Saud. (Fotografer: Jeenah Moon/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Arab Saudi mengatakan masyarakat internasional telah mengecewakan Gaza. Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan menegaskan kembali seruannya untuk dibentuknya negara Palestina, dalam sebuah pertemuan ekonomi global yang dihadiri sejumlah mediator.

"Situasi di Gaza jelas merupakan bencana dalam segala hal, bencana kemanusiaan, tetapi juga kegagalan dari sistem politik yang ada untuk menangani krisis tersebut," ungkap Pangeran Faisal bin Farhan saat berbicara di hari pertama pertemuan khusus Forum Ekonomi Dunia di Arab Saudi pada Minggu (28/04/2023) seperti diberitakan oleh sejumlah media Arab.

"Hanya ada jalan yang kredibel dan tidak dapat diubah menuju negara Palestina", yang akan mencegah dunia menghadapi "situasi yang sama dalam dua, tiga, empat tahun ke depan," lanjutnya.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, para pemimpin Palestina, pejabat-pejabat tinggi dari negara-negara lain yang mencoba menengahi gencatan senjata antara Israel dan Hamas menghadiri pertemuan di Riyadh.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan bahwa AS "adalah satu-satunya negara yang mampu" mencegah invasi Israel ke kota Rafah di Gaza.