Logo Bloomberg Technoz

Alasan Potensi Ekspor RI Langsung Ke China Masih Jadi Hambatan

Pramesti Regita Cindy
27 April 2024 15:30

Kegiatan ekspor China (Sumber: Bloomberg)
Kegiatan ekspor China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Didi Sumedi menyebut bahwa potensi Indonesia untuk ekspor langsung ke China masih terhambat persoalan logistik. Sebab, Indonesia belum memiliki kapal besar untuk mengangkut ekspor jarak jauh.

"Jadi kita masih tetap pakai feeder vessel ke Singapura, nah dari Singapura dilakukan transhipment, kayak gitu lah kira-kira yang terjadi," ujar Didi ketika ditemui di kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2024).

Disamping itu, kapal-kapal logistik yang digunakan oleh Indonesia masih belum bisa menempuh perjalanan jarak jauh. Oleh karena itu diperlukan kapal besar untuk dapat mengekspor ke negara-negara yang jauh termasuk China.

"Selama ini kita kendalanya itu (gak punya kapal besar) kenapa kita memanfaatkan Singapura karena itu aja sebenarnya," jelasnya.

Oleh karena itu, Indonesia saat ini telah berencana agar bisa ekspor langsung ke China tanpa lagi melakukan transit ke Singapura. Adapun pelabuhan yang ditunjuk yakni Pelabuhan Kuala Tanjung, Medan Sumatera Utara menuju Pelabuhan Ningbo Zhousan.