Logo Bloomberg Technoz

Lonjakan nilai kekayaan bersih Prajogo Pangestu di kala kebanyakan orang ultra kaya lainnya mencatat penurunan net worth, terutama karena kenaikan harga beberapa saham miliknya yang 'terbang' di saat mayoritas saham sektor non-energi tergerus turun. 

Prajogo Pangestu sejauh ini terafiliasi dengan empat perusahaan yang sahamnya diperdagangkan di bursa domestik. Yaitu, PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN), juga PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA).

Harga BREN melesat terpicu sentimen harga komoditas global yang melesat naik karena kenaikan tensi konflik di Timur Tengah. BREN naik 8,7% sepekan menyentuh Rp8.125 per saham, all time high alias level harga tertinggi sejak melantai di bursa saham Oktober tahun lalu.

Begitu juga pergerakan saham lain terafiliasi sang taipan yang mencetak lonjakan harga spektakuler. CUAN naik 13% pekan ini, sedangkan TPIA sempat menyentuh level tertinggi Senin lalu meski setelah itu mencatat penurunan mingguan 3,52%. Sementara BRPT malah turun 5,5% pekan ini.

Berikut enam nama orang terkaya di Indonesia yang masuk dalam daftar 500 orang paling tajir di dunia menurut Bloomberg Billionaires Index, Sabtu (19/4/2024).

  1. Low Tuck Kwong, nilai kekayaan bersih US$26 miliar 
  2. Prajogo Pangestu, nilai kekayaan bersih US$25,4 miliar
  3. Robert Budi Hartono, nilai kekayaan bersih US$21,7 miliar
  4. Michael Bambang Hartono, nilai kekayaan bersih US$20,1 miliar
  5. Anthoni Salim, nilai kekayaan bersih US$10,9 miliar
  6. Sri Prakash Lohia, nilai kekayaan bersih US$7,3 miliar

(rui)

No more pages