Logo Bloomberg Technoz

Kekayaan Prajogo Pangestu Naik Rp27,6 T Hanya Dalam Dua Pekan

Ruisa Khoiriyah
22 April 2024 08:30

Founder PT Barito Pacific, Prajogo Pangestu. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Founder PT Barito Pacific, Prajogo Pangestu. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pekan ini adalah pekan kedua pasar keuangan di Indonesia buka setelah libur Lebaran berlangsung lama. Setelah pekan lalu, pelaku pasar mengalami minggu yang berat dengan kemerosotan harga saham dan surat utang ditambah kejatuhan nilai rupiah yang telah melampaui Rp16.000/US$, pekan ini akan menjadi pertaruhan baru apakah aksi jual masih akan terus berlanjut masif atau lebih termoderasi.

Bagi Prajogo Pangestu, pekan setelah Lebaran adalah minggu yang cuan dengan kenaikan nilai kekayaan bersih mencapai US$1,7 miliar hanya dalam 11 hari saja. Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index, nilai kekayaan Prajogo Pangestu, taipan asal Kalimantan Barat yang mengawali kerajaan bisnis dari sektor perkayuan itu, mencapai US$25,4 miliar, lebih tinggi dibandingkan posisi sebelum Lebaran.

Di antara enam nama orang Indonesia yang masuk dalam jajaran 500 crazy rich dunia, hanya Prajogo Pangestu, yang masih mencatat kenaikan kekayaan kala pasar keuangan rontok pekan ini. 

Dengan kurs dolar AS saat ini, nilai kekayaan bersih Prajogo Pangestu naik Rp27,67 triliun menjadi setara Rp413,51 triliun.

Nilai kekayaan itu menempatkannya di peringkat 72 daftar orang terkaya di dunia dan membawa pria kelahiran tahun 1944 itu sebagai orang terkaya nomor dua di Indonesia, setelah taipan batu bara Low Tuck Kwong yag masih bertanan sebagai yang terkaya di negeri ini dengan kekayaan US$26 miliar.