Logo Bloomberg Technoz

MK Pastikan Hasil Putusan PHPU Pilpres 2024 Tidak Bocor

Muhammad Fikri
20 April 2024 15:45

Ketua MK, Suhartoyo saat memimpin sidang perdana perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK, Kamis (27/3/2024) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ketua MK, Suhartoyo saat memimpin sidang perdana perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK, Kamis (27/3/2024) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Biro Hukum dan Administrasi Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono, memastikan hasil putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 tidak akan bocor. Putusan tersebut baru akan diketahui saat majelis hakim MK membacakannya pada pukul 09.00 WIB, Senin (22/4/2024).

Menurut dia, lembaga penegak konstitusi tersebut memiliki sistem dan mekanisme yang telah berjalan untuk memastikan tak ada informasi Rapat Permusyawarahan Hakim (RPH) yang bocor sebelum pembacaan putusan.

“Semua mekanisme untuk mencegah kebocoran informasi apapun dari RPH sudah kita lakukan. Jadi kami memastikan kalau ada bocor-bocor itu tentu bukan dari mahkamah konstitusi.” kata Fajar di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jumat (19/4/2024).

Dia mengklaim, seluruh pegawai dan hakim MK yang terlibat dalam pembahasan kesimpulan dari persidangan PHPU Pilres 2024 terikat sumpah untuk menjaga kerahasiaan hasil RPH. 

Selain itu, gedung MK juga memiliki teknologi dan sistem keamanan yang membuat akses menuju ruangan RPH sangat terbatas dan aman. Bahkan, MK juga mampu memastikan keterbatasan orang yang bisa mendekati lokasi penetapan putusan perkara.