Logo Bloomberg Technoz

Menko Polhukam Pastikan Sidang Putusan PHPU di MK Akan Aman

Muhammad Fikri
20 April 2024 14:00

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto bersama Mendagri Tito Karnavia dan petinggi lembaga keamanan negara. (Tangkapan layar Youtube Kemenko Polhukam)
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto bersama Mendagri Tito Karnavia dan petinggi lembaga keamanan negara. (Tangkapan layar Youtube Kemenko Polhukam)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Hadi Tjahjanto, mengatakan pihak keamanan akan terus mengawasi proses sidang sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) agar tetap berjalan dengan lancar.

“Kita terus memberikan perhatian supaya sidang MK yang masih berjalan ini bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan kita semua,” kata Hadi di Kantor Menkopolhukam, Jumat (19/4/2024).

Dia juga tidak mempersoalkan perihal ramainya unjuk rasa yang terjadi jelang putusan hasil sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024, karena hal tersebut merupakan salah satu hak demokrasi yang dimiliki oleh para pihak yang melakukan aksi tersebut.

“Ya itu kan hak demokrasi, kita hargai, kita juga akan dengarkan apa yang mereka sampaikan,” kata dia.

Meski demikian, Mantan Panglima TNI tersebut juga mengatakan, pemerintah bersama kepolisian telah menyiapkan sejumlah skema pengamanan agar sidang pembacaan putusan di MK tak mengalami hambatan. Akan tetapi, hingga saat ini belum diketahui jumlah personil, rekayasa lalu lintas, dan titik pengamanan yang akan diterapkan di sekitar Gedung MK, Senin depan.