Logo Bloomberg Technoz

UE Sanksi Pemukim Israel yang Lakukan Kekerasan di Tepi Barat

News
19 April 2024 20:45

Bendera Uni Eropa (Sumber: Bloomberg)
Bendera Uni Eropa (Sumber: Bloomberg)

Natalia Drozdiak - Bloomberg News

Bloomberg, Uni Eropa (UE) secara resmi menyetujui sanksi terhadap pemukim Israel yang melakukan kekerasan pada Jumat (19/04/2024). Ini adalah langkah prosedural yang membutuhkan pekerjaan teknis selama berminggu-minggu karena blok tersebut mencoba menyeimbangkan dukungannya untuk Israel dengan kebutuhan untuk mengatasi krisis kemanusiaan yang memburuk di Gaza.

Menurut pengumuman dalam Jurnal Resmi UE, blok tersebut setuju untuk mengenakan larangan perjalanan dan pembekuan aset pada empat pemukim di Tepi Barat dan dua entitas.

Meskipun negara-negara anggota UE telah menandatangani langkah tersebut pada Maret, penundaan dalam menyelesaikan tindakan tersebut menyoroti kesulitan yang dihadapi UE dalam mencapai kesepakatan tentang masalah-masalah yang terkait dengan konflik Timur Tengah. Waktu pengenaan sanksi ini tidak terkait dengan serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran baru-baru ini di Israel, atau serangan balasan Israel berikutnya.

Uni Eropa sedang berjuang menentukan cara untuk memaksakan pengaruhnya di wilayah tersebut karena menyerukan agar Israel dan Iran sama-sama menahan diri dan menghindari eskalasi. Sementara UE telah menegaskan kembali dukungan untuk Israel setelah serangan Iran, mereka juga berusaha untuk memfokuskan kembali perhatian pada krisis kemanusiaan di Gaza akibat serangan Israel di sana sebagai pembalasan atas serangan Hamas pada 7 Oktober.