Logo Bloomberg Technoz

Oleh karena itu pemerintah meminta perusahaan memberikan tunjangan hari raya (THR) paling lambat pada 18 April 2023 sehingga pada 18 April sore atau malam, pemudik sudah bisa berangkat ke kampung halaman.

Dia melanjutkan, perkiraan Kemenhub pada tahun ini akan terjadi lonjakan pemudik. Pemudik yang sebelumnya 85 juta akan bertambah pada 2023 menjadi 123 juta. Sementara pemudik dari Jabodetabek yang tadinya 14 juta menjadi 18 juta.

"Terjadi kenaikan 47% untuk nasional," tutupnya.

Presiden minta Kertajati jadi bandara premium

Budi Karya Sumadi akan menyiapkan bandara Kertajati sebagai bandara kualitas premium dengan standarisasi internasional. Kertajati melengkapi bandara di Jawa Barat, usai Husein Sastranegara.

Kertajati memiliki panjang landasan 3.000 menter, sedangkan Husein Sastranegara jauh lebih pendek. “Kertajati ini akan menjadi satu bandara yang premium, ya karena panjang landasannya sama dengan Kulon Progo, ya sedikit di bawah Soekarno-Hatta yang 3.300 [meter]. Jadi pesawat terbesar angkutan kargo itu Antonov bisa berlandas,” terang Budi.

Dukungan Kertajati makin optimal dengan beroperasinya jalan tol Cisumdawu rute Kota Bandung menuju dan ke Kertajati per 15 April 2023 mendatang. Kertajati juga direncanakan sebagai alternatif rute terbang dan landas selain Soekarno-Hatta.

“Nah, sehingga Soekarno-Hatta itu pada titik tertentu yang maksimal. Dan, Bapak Presiden juga memerintahkan bahwa efektivitas Kertajati ini menjadi satu tambahan bagi mereka yang ke luar negeri, bagi mereka yang mengangkut barang, juga bagi mereka yang akan umroh,” ucap dia.

(ezr/wep)

No more pages