Logo Bloomberg Technoz

Saham Asia Akan Turun Akibat Komentar Hawkish The Fed

News
19 April 2024 06:30

Ilustrasi Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)

Matthew Burgess - Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham Asia akan jatuh pada awal perdagangan setelah saham-saham AS dan Treasury memperpanjang aksi jual bulan ini setelah pembacaan ekonomi yang solid dan pernyataan Fed yang hawkish memperkuat spekulasi bahwa suku bunga akan tetap lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama.

Ekuitas berjangka di Australia, Jepang, dan Hong Kong semuanya turun, sementara kontrak di Korea Selatan dan China daratan naik. Ekuitas berjangka AS stabil setelah S&P 500 turun untuk hari kelima pada Kamis, dengan kelompok yang paling berpengaruh--teknologi--memimpin penurunan.

Obligasi turun di seluruh kurva AS--dengan imbal hasil dua tahun sekali lagi mendekati angka 5%. Dolar melanjutkan kenaikannya sementara yen berayun antara keuntungan dan kerugian karena para pejabat meningkatkan kekhawatiran atas pergerakan mata uang yang berlebihan. Penurunan suku bunga Federal Reserve sebesar seperempat poin tetap diprediksikan untuk November.

Pasar global telah terpukul minggu ini karena para pedagang memangkas taruhan pada pelonggaran Fed tahun ini menyusul serangkaian komentar hawkish dari para pejabat dan data yang mengindikasikan ekonomi AS yang kuat. MSCI All Country World Index telah turun 2,1%, berada di jalur penurunan mingguan terbesar sejak Oktober. VIX--sebuah pengukur volatilitas pasar--naik ke level tertinggi minggu ini dalam lebih dari lima bulan terakhir.

Global stocks. (Dok: Bloomberg)