Logo Bloomberg Technoz

Bagi seseorang yang ingin berinvestasi emas, disarankan untuk membeli emas murni dalam bentuk batangan, agar terhindar dari melakukan kesalahan saat investasi. Hal ini karena saat kita berinvestasi emas dalam bentuk batangan, maka bisa mendapatkan emas murni tanpa adanya campuran yang lain.

Lain halnya ketika membeli emas dalam bentuk perhiasan, yang mana akan mendapatkan emas dengan campuran logam yang lainnya.

2. Tidak Memiliki Tempat Penyimpanan yang Memadai

Emas memang mudah dibawa dan dipindahkan, tetapi hal inilah yang membuat emas lebih beresiko hilang dan dicuri oleh orang lain.

Saat memutuskan untuk berinvestasi emas, maka penting bagi kita untuk memiliki tempat penyimpanan khusus atau bisa menyewa tempat penyimpanan.

3. Tidak Membandingkan Harga Emas

Kesalahan investasi emas lainnya adalah terlalu terburu-buru melakukan pembelian emas. Sebelum melakukan pembelian emas batangan, tidak ada salahnya untuk membandingkan harga di beberapa tempat terpercaya agar bisa mendapatkan harga terbaik. 

Jangan sampai kita malah rugi karena ada penjual yang menaikkan harga emas terlalu tinggi. Hal ini sangat penting dilakukan khususnya bagi kita yang tidak memantau pergerakan harga emas.

4. Tujuan Investasi yang Salah

Jika kita memiliki tujuan untuk mendapatkan imbal hasil di masa depan, maka sebaiknya membeli emas dalam bentuk batangan, bukan dalam bentuk perhiasan.  Selain itu, membeli emas batangan jauh lebih menguntungkan karena kita tidak akan dibebankan dengan biaya pembuatan saat menjualnya kembali.

Jika membeli emas dalam bentuk perhiasan, maka akan ada komponen biaya pembuatan saat pembelian dan saat dijual. Biasanya toko emas tidak hanya menghitung kadar dan beratnya, tapi juga biaya pembuatan perhiasan. Makin rumit bentuk emas tersebut, makin mahal ongkos yang dikeluarkan.

5. Tidak Memantau Harga Emas

Saat ingin mulai investasi emas, mengetahui pergerakan harga emas memainkan peranan yang penting saat kita akan menjual atau membeli emas. Maka dari itu, sebagai investor harus memastikan membeli emas saat harga rendah dan menjualnya saat harga emas telah meningkat. Jangan sampai menjual emas saat harganya di bawah harga beli karena itu bisa merugikan. 

(mfd/lav)

No more pages