Logo Bloomberg Technoz

Selain Megawati, Pengaju Amicus Curiae Sidang PHPU Pilpres 2024

Redaksi
17 April 2024 13:30

Apa itu Amicus Curiae, Tulisan yang Dikirim Megawati ke MK (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Apa itu Amicus Curiae, Tulisan yang Dikirim Megawati ke MK (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) ternyata tak hanya menerima berkas amicus curiae dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Sebelumnya, ada ratusan tokoh dan komunitas akademisi yang juga turut mengajukan diri sebagai sahabat pengadilan dalam sidang PHPU Pilpres 2024.

MK tercatat sudah menerima seluruh berkas amicus curiae yang berisi pandangan dan pendapat tersebut. Akan tetapi, belum ada kepastian para majelis hakim akan menggunakan pendapat tersebut dalam putusan PHPU yang dibacakan Senin depan (22/4/2024).

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menjadi perwakilan yang menyerahkan amicus curiae kepada MK, kemarin. Megawati turut membubuhkan tulisan tangannya pada dokumen tersebut.

Isinya, presiden ke-5 tersebut mengutip ungkapan terkenal dari pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang. Dia menilai, seperti Kartini, perjuangan melawan penyalahgunaan kekuasaan tak akan sia-sia.

MK sendiri sedang memeriksa dua perkara terkait PHPU Presiden 2024. Kedua perkara itu diajukan Paslon Nomor Urut 01 Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan Perkara Nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 serta Paslon Nomor Urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan Perkara Nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024.