Logo Bloomberg Technoz

Jelang Putusan PHPU, Ganjar Minta MK Tak Buat Aprilmop

Muhammad Fikri
16 April 2024 19:00

Capres no urut 3 Ganjar Pranowo saat Sidang PHPU Pilpres 2024 di Gedung MK, Kamis (27/3/2024) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres no urut 3 Ganjar Pranowo saat Sidang PHPU Pilpres 2024 di Gedung MK, Kamis (27/3/2024) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden Nomor urut 03, Ganjar Pranowo minta agar Mahkamah Konstitusi (MK) tidak memberikan aprilmop pada sidang putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2024. Rencananya, majelis hakim MK akan membacakan putusan pada Senin (22/4/2024).

Aprilmop sendiri adalah perayaan populer yang dikenal dengan April Fool's Day. Sejumlah masyarakat memahami peringatan ini sebagai kesempatan untuk berbohong hingga melakukan lelucon dalam konteks canda pada 1 April. 

"Saya kira ini momentum yang luar biasa buat MK untuk tidak membuat aprilmop," kata Ganjar saat ditemui di Kediaman Megawati, Selasa (16/4/2024).

Dia berharap lembaga penegak konstitusi tersebut bisa memberikan keputusan yang adil. Keputusan tersebut pun dinilai akan mengembalikan marwah MK usai polemik putusan kontroversial pasal batas usia UU Pemilu yang memuluskan putera sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres pada Pemilu 2024.

"Dari kondisi MK yang selama ini menjadi cacian, makian, ya dengan stampel-stampel kurang baik dengan putusan MKMK, rasanya inilah momentum untuk mengembalikan marwah MK," ujar dia.