Logo Bloomberg Technoz

Gas Eropa Melonjak Saat Israel Bersumpah Balas Serangan Iran

News
16 April 2024 18:20

Ilustrasi harga gas (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi harga gas (Sumber: Bloomberg)

Priscila Azevedo Rocha - Bloomberg News

Bloomberg, Harga gas alam Eropa terus naik pada Selasa setelah pejabat tinggi militer Israel menegaskan bahwa negara mereka tidak memiliki pilihan selain menanggapi serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran pada akhir pekan lalu.

Kontrak berjangka naik sebanyak 3,4% di awal perdagangan, mendekati level tertinggi sejak Januari. Kontrak-kontrak ini telah naik sekitar 18% sejak Kamis lalu, ketika pasar mulai memperhitungkan risiko-risiko geopolitik yang lebih besar, termasuk potensi gangguan dari serangan-serangan Rusia terhadap infrastruktur energi Ukraina.

Para pejabat Eropa dan AS telah meningkatkan seruan mereka agar Israel menghindari eskalasi yang dapat memicu perang yang lebih luas. Konflik yang lebih luas di wilayah ini berisiko menaikkan harga energi global di saat bank-bank sentral masih berusaha mengendalikan inflasi.

Gas Eropa (Dok: Bloomberg)

Meskipun Eropa telah mengakhiri musim dingin yang sangat sejuk dengan persediaan gas yang kuat, para pedagang terus waspada terhadap tanda-tanda gangguan pasokan. Kawasan ini saat ini tidak banyak memasok gas dari Timur Tengah, tetapi ketergantungannya pada pasar global telah melonjak sejak kehilangan sebagian besar aliran pipa dari Rusia pada tahun 2022.