Logo Bloomberg Technoz

China Puji Kemampuan Iran Tangani Situasi di Timur Tengah

Redaksi
16 April 2024 12:30

Direktur Urusan Luar Negeri Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok, Wang Yi. (Dok. Kemlu RI)
Direktur Urusan Luar Negeri Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok, Wang Yi. (Dok. Kemlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - China mengatakan bahwa mereka meyakini Iran dapat "menangani situasi dengan baik dan menghindarkan kawasan ini dari kekacauan lebih lanjut" sembari menjaga kedaulatan dan martabatnya. Pernyataan ini menanggapi serangan terhadap kedutaan besar Iran di Suriah dan serangan pembalasannya pada akhir pekan lalu.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan kepada mitranya dari Iran, Hossein Amir-Abdollahian, melalui sambungan telepon pada Senin bahwa China menghargai penekanan Iran untuk tidak menargetkan negara-negara regional dan negara-negara tetangganya, menurut kantor berita resmi Xinhua pada Selasa.

Wang juga mengatakan bahwa dia mencatat Iran telah menggambarkan tindakannya sebagai tindakan yang terbatas dan dilakukan untuk membela diri. China mengutuk keras dan dengan tegas menentang serangan kedutaan tersebut, dan menyebut insiden itu "tidak dapat diterima", kata Wang, dilansir Reuters, Selasa (16/4/2024).

Setelah memberikan penjelasan kepada Wang mengenai posisi Iran, Amir-Abdollahian mengatakan kepada Wang bahwa Iran menyadari ketegangan regional, bersedia untuk menahan diri dan tidak berniat untuk melakukan eskalasi lebih lanjut.

Ketegangan meningkat di Timur Tengah karena militer Israel telah berjanji akan membalas serangan Iran, dan beberapa negara menyerukan untuk menahan diri. Sejak serangan rudal pada Sabtu malam, banyak negara telah memanggil duta besar Iran.