Logo Bloomberg Technoz

Konflik Iran-Israel Mencuat, Menko Airlangga Gelar Rapat Terbatas

Redaksi
15 April 2024 17:51

Menko Ekonomi Airlangga di Kantornya. (Dok: Azura/Bloomberg Technoz)
Menko Ekonomi Airlangga di Kantornya. (Dok: Azura/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyelenggarakan rapat terbatas dengan seluruh unsur Kedeputian pada kementeriannya, berikut dengan sejumlah Duta Besar pada Senin (15/4/2024). Hal ini dilakukan merespons situasi geopolitik yang terjadi di belahan dunia lain, sekaligus mengambil langkah-langkah antisipatif atas dampak rambatan ke Indonesia.  

Seperti diketahui, konflik di Timur Tengah semakin memanas dengan serangan ratusan drone Iran ke Israel pada Minggu (14/4/2024). Ini sebagai bentuk balasan atas serangan Israel yang telah menghancurkan Gedung Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, pada 1 April 2024 lalu.

Selain memicu ketegangan regional hingga ke tingkat global, eskalasi konflik ini juga akan berdampak kepada perekonomian global serta akan meningkatkan risiko makroekonomi bagi perekonomian Indonesia.

“Rambatan dampak (eskalasi konflik) kepada pasar finansial Indonesia baru akan terlihat saat pembukaan pasar besok pagi (Selasa, 16/4/2024)," ujar Airlangga dalam keterangan tertulis, Senin (15/4/2024).

Namun, lanjut dia, langkah-langkah antisipatif akan disiapkan untuk menjaga kepercayaan pasar atas dampak potensi meningkatnya harga komoditas, terutama minyak, akibat terganggunya pasokan, serta kenaikan harga emas, sebagai aset safe haven, dan rambatan ke sektor lainnya.