Logo Bloomberg Technoz

Negara-negara Eropa, dan juga Amerika Serikat, mendesak Israel untuk tidak bereaksi secara agresif terhadap serangan rudal dan pesawat tak berawak Iran pada Sabtu malam.

Meskipun belum pernah terjadi sebelumnya, serangan tersebut menyebabkan kerusakan minimal dan tidak ada korban jiwa karena hampir semua proyektil berhasil dicegat. Angkatan udara Amerika, Inggris, dan Prancis menembak jatuh beberapa di antaranya dengan berkoordinasi dengan Israel.

Israel telah mengatakan akan membalas, namun belum mengatakan bagaimana atau kapan. Serangan Iran ini terjadi setelah serangan 1 April terhadap kompleks diplomatiknya di Suriah, yang disalahkan kepada Israel.

Pembalasan oleh Israel harus dibatasi pada kepentingan militer dan dilakukan dengan "cara yang sangat terkalibrasi untuk mengakhiri aksi saling balas," kata Macron, yang mengatakan ia berencana untuk segera berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Kanselir Jerman Olaf Scholz akan berbicara dengan Netanyahu sesegera mungkin hari ini dalam upaya mencegah eskalasi lebih lanjut, menurut seseorang yang mengetahui rencana tersebut yang berbicara tanpa menyebut nama. Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock dan David Cameron dari Inggris akan berkunjung ke Timur Tengah akhir minggu ini.

"Ini adalah waktu untuk berpikir dengan kepala dan juga hati," kata Cameron di Sky News pada Senin pagi. "Kami mendesak agar hal ini tidak meningkat."

Macron berbicara di Grand Palais, sebuah gedung pameran di pusat kota Paris yang akan menjadi tempat penyelenggaraan kompetisi Olimpiade anggar dan taekwondo pada Juli dan Agustus. Macron mengatakan dia ingin gencatan senjata diberlakukan untuk pertandingan, yang dimulai pada 26 Juli.

"Kami juga akan melakukan semua yang kami bisa untuk melakukan gencatan senjata," katanya. "Kami jelas memikirkan Israel, Gaza, semuanya. Ini adalah kesempatan yang akan saya coba libatkan banyak mitra kami. Presiden China akan datang ke Paris dalam beberapa minggu. Saya memintanya untuk membantu saya."

(bbn)

No more pages