Logo Bloomberg Technoz

Rusia adalah produsen logam penting, menyumbang 6% dari pasokan nikel global, 5% aluminium dan 4% tembaga. Pembatasan baru ini melarang pasokan baru ketiga logam tersebut dari Rusia ke LME - tempat harga patokan global ditetapkan - serta ke Chicago Mercantile Exchange. Logam-logam ini sampai sekarang terhindar dari pembatasan langsung yang telah mengguncang rantai pasokan dari gas alam hingga minyak mentah dan batu bara.

Grafik harga aluminium di LME. (Sumber: Bloomberg)

Waktu pemberlakuan sanksi, tepat sebelum pertemuan CESCO Week tahunan industri tembaga global di Chili, telah memicu perbincangan hangat di kabin kelas bisnis dan antrian paspor saat para pelaku industri tersebut berkumpul di Santiago. Di London, tempat LME berada, banyak trader yang terpaku pada layar kaca mereka pada Minggu malam.

Pelaku perdagangan logam terbiasa dengan fluktuasi harga yang liar dan akhir pekan yang panjang setelah periode yang ditandai dengan tekanan singkat nikel yang hampir menghancurkan LME pada Maret 2022, juga sanksi terhadap United Co Rusal International PJSC yang menyebabkan kekacauan pasar pada 2018.

Beberapa pedagang dan eksekutif berpendapat bahwa pembatasan baru pada akhirnya tidak akan berdampak dramatis seperti kedua peristiwa tersebut. Dua raksasa logam Rusia, Rusal dan MMC Norilsk Nickel PJSC, sekarang tidak terlalu terilbat dalam sistem keuangan negara-negara barat dibandingkan sebelum perang. Industri ini telah menghabiskan dua tahun terakhir untuk mempersiapkan kemungkinan sanksi.

"Langkah-langkah tersebut tidak secara signifikan menargetkan perdagangan fisik unit di luar sistem gudang LME, yang seharusnya mengurangi skala dampak harga," tulis analis Citigroup Inc dalam catatan email.

Eskalasi konflik di Timur Tengah juga dapat memicu volatilitas di seluruh pasar logam, yang telah meningkat tahun ini karena ekspektasi penurunan suku bunga oleh bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed), dan tanda-tanda pemulihan manufaktur global. Lonjakan aluminium pada Senin membawa logam tersebut ke level tertinggi sejak Juni 2022.

"Dari segi harga, kecenderungan alaminya akan lebih tinggi," kata Alastair Munro, seorang pialang di Marex Group yang berbasis di London. "Tetapi di sisi lain, akan menarik untuk melihat apakah ada dana atau trader yang harus mengurangi posisi mereka karena volatilitas yang meningkat."

Sebagian besar pengamat sepakat tentang satu kemungkinan akibat dari pembatasan tersebut: lebih banyak material Rusia yang mengalir ke China. Rusal mendapatkan hampir seperempat pendapatannya dari negara Asia itu tahun lalu, naik 8% dari setahun sebelumnya, sementara penjualan ke Eropa dan AS menurun. Saham Rusal di Hong Kong turun hampir 6% pada hari Senin.

Logam Rusia sudah menyumbang 91% dari stok aluminium LME. (Sumber: Bloomberg)

Namun, ada juga kekhawatiran tentang kemungkinan membanjirnya logam tua Rusia - yang masih diizinkan - yang akan masuk ke LME. LME pada Sabtu mengkonfirmasi bahwa logam Rusia yang diproduksi sebelum 13 April masih dapat dikirimkan, meskipun bursa tersebut mengatakan akan memerlukan bukti bahwa logam tersebut tidak melanggar sanksi dan akan menyetujui pengiriman secara individual. Hal ini memicu kekhawatiran bahwa harga LME menjadi harga logam lama Rusia.

Logam Rusia sudah menyumbang 91% dari stok aluminium LME pada akhir Maret, 62% tembaga dan 36% nikel. Para trader sekarang memperkirakan gelombang pengiriman material Rusia yang sebelumnya disimpan di luar sistem LME, yang sekarang bisa dilepaskan ke bursa tersebut karena pemiliknya khawatir tentang prospek pembatasan di masa depan.

Di pasar aluminium, perkiraan jumlah logam Rusia yang disimpan di luar sistem LME berkisar dari beberapa ratus ribu ton hingga satu juta ton.

Dalam pemberitahuannya pada Sabtu, LME mengakui kemungkinan bahwa ketidakpastian yang disebabkan oleh sanksi berarti "pasokan logam Rusia yang relatif besar" dapat membanjiri bursa.

(bbn)

No more pages