Logo Bloomberg Technoz

Israel: Hamas Tolak Proposal Gencatan Senjata usai Serangan Iran

News
14 April 2024 17:00

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat konferensi pers di Yerusalem, Israel, Rabu (11/1/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat konferensi pers di Yerusalem, Israel, Rabu (11/1/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)

Omar Tamo - Bloomberg News

Bloomberg, Israel mengatakan bahwa Hamas telah menolak usulan gencatan senjata terbaru dari mediator, di tengah ketegangan yang meningkat di Timur Tengah menyusul serangan Iran ke Israel semalam.

Menurut Mossad, agen intelijen eksternal Israel, Hamas menolak garis besar gagasan yang disampaikan oleh para mediator.

Meskipun Mossad tidak secara langsung mengatakan bahwa serangan drone dan rudal Iran terhadap Israel adalah penyebabnya, dia mengatakan Yahya Sinwar, pemimpin Hamas di Gaza, "terus memanfaatkan ketegangan dengan Iran". Mossad juga mengatakan bahwa Sinwar "tidak menginginkan adanya kesepakatan kemanusiaan dan pembebasan sandera."

Pernyataan dari Mossad, yang memimpin negosiasi Israel dengan Hamas, dipublikasikan oleh kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Dalam pernyataan tersebut, Israel dikatakan telah menunjukkan fleksibilitas yang cukup dalam pembicaraan itu.