Logo Bloomberg Technoz

Berbicara setelah keputusan ECB pada hari Kamis, Presiden Christine Lagarde menegaskan kembali bahwa ia dan rekan-rekannya tidak mengambil petunjuk dari seberang Atlantik. Meskipun begitu, ia mengakui bahwa ada "berbagai saluran yang dapat digunakan untuk mempengaruhi" - tidak hanya dinamika nilai tukar karena pembicaraan mengenai paritas semakin keras.

"Kami tidak bergantung pada Fed," kata Lagarde kepada para wartawan. "Amerika Serikat adalah pasar yang sangat besar, ekonomi yang sangat besar, dan pusat keuangan utama, sehingga semua itu masuk ke dalam proyeksi kami."

Bagi Stournaras, perjuangan ekonomi 20 negara di kawasan ini membuat kasus kebijakan yang lebih longgar menjadi lebih mendesak. Meskipun ia masih membayangkan apa yang disebut soft landing, ia memperingatkan bahwa menunggu terlalu lama untuk menurunkan suku bunga akan membahayakan pertumbuhan yang sudah anemia dan risiko inflasi yang turun di bawah target 2%.

"Kami melihat benih-benih awal dari sebuah pemulihan di Eropa - juga di Jerman," ujar Stournaras. "Kami tidak ingin membunuh benih-benih awal pemulihan ini."

Dia mendorong penurunan suku bunga berturut-turut pada bulan Juni dan Juli, diikuti oleh dua penurunan lagi pada akhir tahun - sebuah pandangan yang tidak dimiliki oleh ke-26 anggota Dewan Pemerintahan.

Beberapa koleganya yang lebih hawkish lebih memilih pendekatan yang lebih hati-hati, khawatir bahwa inflasi dapat bangkit kembali ketika upah melonjak. Mereka lebih memilih untuk bergerak setiap tiga bulan - ketika ECB memperbarui proyeksi kuartalannya.

Perdebatan tersebut, yang saat ini masih dalam tahap awal, akan berlangsung dalam beberapa minggu ke depan. Sementara itu, Stournaras menginginkan ECB - yang dituduh bergerak terlalu lambat saat inflasi melonjak - untuk mulai bertindak.

"September lalu kami menaikkan suku bunga sebagai jaminan terhadap inflasi yang terlalu tinggi," ujarnya, mengungkapkan keyakinannya bahwa pertumbuhan upah akan terus berlanjut secara moderat. "Sekarang ini telah berbalik. Ada risiko bahwa inflasi akan jatuh terlalu jauh di bawah target 2%. Kita sekarang membutuhkan sebuah asuransi agar tidak tertinggal di belakang kurva."

No more pages

Baca Juga