Logo Bloomberg Technoz

Waktunya ECB Tak Respons Sikap The Fed, Bakal Potong Bunga Acuan

12 April 2024 14:00

Gedung ECB (Sumber: Bloomberg)
Gedung ECB (Sumber: Bloomberg)

Sotiris Nikas, Mark Schroers dan Jana Randow - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) tidak perlu takut untuk mengubah sikapnya yang "terlalu berhati-hati" merespons sikat Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed). Hal ini disampaikan oleh anggota dewan gubernur ECB Yannis Stournaras.

Berbicara di Frankfurt setelah ECB memberikan sinyal yang paling jelas bahwa mereka akan mulai menghentikan kenaikan suku bunga yang belum pernah terjadi sebelumnya di bulan Juni, pejabat asal Yunani tersebut menegaskan kembali bahwa empat pemangkasan mungkin dilakukan tahun ini - meskipun para investor mengurangi pertaruhan mereka terhadap langkah tersebut secara global.

"Sekarang saatnya untuk berbeda," kata Stournaras kepada Bloomberg. "Situasi di kawasan euro dan AS benar-benar berbeda. Di AS, permintaan jauh lebih kuat - sebagian besar berasal dari dorongan yang berasal dari anggaran. Kami tidak memiliki hal itu di Eropa. Dan inflasi di kawasan euro sebagian besar disebabkan oleh sisi penawaran - bukan oleh sisi permintaan, bukan oleh upah."

Pernyataan tersebut muncul setelah rilis inflasi AS yang melampaui ekspektasi dan memicu keraguan pada pelonggaran moneter. Pasar saat ini memperkirakan zona euro, di mana data harga konsumen terbaru tidak sesuai dengan perkiraan, akan mengalami tiga kali penurunan suku bunga pada tahun 2024, dibandingkan dengan kurang dari dua kali untuk The Fed.

Baca Juga