Logo Bloomberg Technoz

Keluhan serupa sebelumnya juga berulang kali disampaikan oleh Menteri Keuangan AS Janet Yellen selama kunjungannya pekan lalu, bersamaan dengan peringatan bahwa peningkatan produksi pabrik China akan mengganggu perekonomian di seluruh dunia.

Di sisi lain, China mengeklaim bahwa perusahaannya sendiri juga menghadapi diskriminasi di negara-negara Barat, dengan menyebutkan tarif AS dan penyelidikan Eropa terhadap subsidi mobil listrik sebagai salah satu contohnya.

Meskipun tidak mendefinisikan “tidak adil,” survei kamar dagang Jerman menyebutkan akses istimewa bagi perusahaan China terhadap otoritas pemerintah, tender publik, serta insentif dan subsidi pajak merupakan beberapa bidang yang dirugikan oleh perusahaan asing.

Scholz memulai perjalanannya ke China akhir pekan ini, kunjungan keduanya ke negara tersebut sebagai kepala pemerintahan. Dia diperkirakan akan bertemu Perdana Menteri Li Qiang selain Xi.

China sudah menghadapi “ancaman besar” dari perang dagang dengan AS, dan permintaan domestik melemah, kata Maximilian Butek, direktur eksekutif kamar tersebut untuk China Timur, kepada wartawan pada konferensi pers hari Rabu di Beijing untuk menandai dirilisnya survei tersebut. .

“Mereka perlu mengekspor produk. Jadi jika mereka juga kehilangan pasar Eropa, itu akan menjadi ancaman bagi mereka,” tambah Butek. “Sekarang tantangan bagi Scholz adalah menjelaskan hal itu kepada China.”

(bbn)

No more pages