Logo Bloomberg Technoz

Ketegangan di Timur Tengah Picu Pergerakan Harga Emas ke US$2.343

News
11 April 2024 13:30

Emas batangan.
Emas batangan.

Sybilla Gross—Bloomberg News

Bloomberg, Meningkatnya ketegangan di Timur Tengah memicu harga emas di jalur reli, mengimbangi kekhawatiran bahwa bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) akan memangkas suku bunga lebih rendah dari yang diharapkan tahun ini. Emas pada Kamis siang waktu Indonesia masih reli 0,41% ke posisi US$2.343,51.

Emas spot pagi hari naik naik 0,3% menjadi US$2.341,58/ons, dan kemudian semakin menguat 9,47 poin (0,4%) ke posisi US$2.343,51. Indeks Spot Dollar Bloomberg sedikit berubah mendekati level tertinggi sejak November. Perak stabil setelah naik ke level tertinggi tiga tahun. Platinum dan paladium menguat.

AS dan sekutunya percaya bahwa serangan rudal atau pesawat drone oleh Iran atau proksinya terhadap target-target militer dan pemerintah di Israel akan segera terjadi, yang akan menandai perluasan konflik yang telah berlangsung selama enam bulan, menurut orang-orang yang mengetahui hal ini.

Emas cenderung diuntungkan selama masa-masa meningkatnya risiko geopolitik karena para investor mencari aset-aset yang lebih aman.