Logo Bloomberg Technoz

Selain masalah rasial, ada juga masalah praktis. Menurut banyak orang, jaksa Marcia Clark dan Christopher Darden salah dalam memaksa Simpson untuk mencoba sarung tangan kulit berlumuran darah yang ditemukan di tempat kejadian perkara dan di rumah Simpson yang terdekat serta membuat petugas polisi yang menemukan sarung tangan tersebut bersaksi.

Setelah Simpson kesulitan memakai sarung tangan itu, pengacara utamanya Johnnie Cochran mengatakan kepada juri dalam argumen penutupnya, "Jika tidak cocok, Anda harus membebaskan." 

Petugas polisi tersebut, Mark Fuhrman, terbukti telah menggunakan kata-kata rasis terhadap orang kulit hitam dan menolak mengatakan apakah dia telah menanam sarung tangan itu, dengan mengutip haknya untuk tidak mengkriminalkan diri sendiri.

Meskipun tampaknya ada bukti yang luar biasa tentang darah dan DNA-nya dan korban, sebagian besar juri kulit hitam membebaskannya pada tahun 1995, sebuah putusan yang disaksikan oleh lebih dari 100 juta orang.

Carrie Bess, anggota juri, mengatakan dalam sebuah dokumenter ESPN tahun 2016 bahwa putusan tersebut adalah pembalasan atas pemukulan brutal oleh polisi terhadap Rodney King, seorang pria kulit hitam, yang direkam oleh seorang pengamat dan disiarkan secara nasional. 

Juri lainnya telah mengangkat tinjunya dalam salut kekuatan kulit hitam tepat setelah itu dibacakan.

2. Perampokan bersenjata

Setelah bebas dari kasus pembunuhan, O.J Simpson ditangkap kembali karena kasus perampokan bersenjata.

Dia telah menjadi orang bebas sejak tahun 2017, ketika dia menyelesaikan hukuman penjara sembilan tahun atas tuduhan penculikan dan perampokan bersenjata dalam kasus yang berkembang setelah pembebasannya dari tuduhan pembunuhan.

No more pages