Logo Bloomberg Technoz

Badan tersebut mempertahankan langkahnya dengan mengatakan bahwa undang-undang tersebut berlaku sama untuk semua orang dan Kejriwal tidak dapat meminta kekebalan karena menjadi menteri utama. Dia sekarang memiliki opsi untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut ke Mahkamah Agung.

Kejriwal adalah salah satu dari beberapa pemimpin senior partainya yang telah ditangkap atas tuduhan bahwa pemerintah di Delhi mengubah harga minuman beralkohol di negara bagian tersebut dengan imbalan suap. Partai dan para pemimpinnya membantah tuduhan tersebut.

Ketua Menteri saat ini dipenjara di Delhi dan terus menjalankan pemerintahannya. Setidaknya dua petisi yang meminta pemecatannya dari jabatan tersebut telah gagal di pengadilan.

Sebagai hukuman bagi partai Kejriwal, pemimpin seniornya Sanjay Singh dibebaskan dengan jaminan oleh pengadilan tinggi negara itu awal bulan ini setelah enam bulan penjara.

Politisi penting oposisi memprotes penangkapan Kejriwal dan pemimpin politik penting lainnya awal bulan ini. Mereka menyerukan pemilu yang bebas dan adil di negara tersebut.

(bbn)

No more pages