Logo Bloomberg Technoz

Pandangan Bullard serupa dengan pesan The Fed mengenai kebijakan moneter tahun ini, namun bertolak belakang dengan ekspektasi pasar yang semakin meningkat terhadap penurunan suku bunga yang lebih sedikit. Investor telah meningkatkan taruhan bahwa dua kali penurunan suku bunga lebih mungkin terjadi dibandingkan tiga kali penurunan suku bunga pada tahun ini menyusul ledakan laporan gaji pada bulan Maret.

Imbal hasil Treasury mencapai level tertinggi tahun ini pada hari Senin karena para pedagang memundurkan ekspektasi mengenai kapan The Fed akan bertindak. Kontrak swap dihargai sekitar 60 basis poin pelonggaran tahun ini yang dimulai pada bulan September, sebuah pandangan yang memberikan peluang kurang dari 50% untuk pemotongan ketiga pada tahun 2024.

Bullard, yang meninggalkan St. Louis Fed tahun lalu untuk menjadi dekan sekolah bisnis Universitas Purdue, adalah presiden Fed regional yang paling lama menjabat dan dikenal karena sikapnya yang kontrarian. Saat menjabat, ia menganjurkan tindakan kebijakan yang lebih agresif untuk mengendalikan percepatan yang terjadi pada saat itu

Berbicara di atas panggung pada KTT tersebut, Bullard mengatakan soft landing (perlambatan pertumbuhan ekonomi) bagi perekonomian AS mulai terlihat. Dia mengutip penurunan data pengeluaran konsumsi pribadi inti, yang merupakan ukuran inflasi dasar yang disukai The Fed, sebagai bukti “keberhasilan dramatis” dari kebijakannya.

Prospek Bullard mengenai pemotongan suku bunga sejalan dengan apa yang diungkapkan dua pejabat Federal Reserve minggu lalu yang melakukan pemungutan suara mengenai keputusan kebijakan moneter tahun ini.

Presiden Fed San Francisco Mary Daly mengatakan Selasa lalu bahwa masuk akal untuk memperkirakan tiga kali penurunan suku bunga meskipun tidak ada urgensi untuk melakukan penyesuaian. Presiden Fed Cleveland Loretta Mester juga mengatakan bahwa ia melihat jumlah pemotongan tersebut mungkin tepat pada tahun ini, namun apakah jumlah pemotongan yang diperlukan akan lebih sedikit tergantung pada bagaimana perekonomian berkembang.

Pejabat Fed sepakat dalam pertemuan bulan Maret bahwa akan tepat untuk mulai menurunkan suku bunga tahun ini, dengan perkiraan median sebanyak tiga kali pemotongan. Pada saat yang sama, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan bahwa bank sentral tidak terburu-buru untuk melonggarkan kebijakannya, dan menekankan bahwa diperlukan lebih banyak bukti bahwa inflasi bergerak menuju target 2% yang dianggap berkelanjutan oleh The Fed.

Pasar tenaga kerja yang solid menambah tanda-tanda lain dari kuatnya tekanan inflasi. Harga konsumen naik lebih dari perkiraan pada bulan Februari dan para ekonom memperkirakan kenaikan lagi pada data yang akan dirilis pada hari Rabu di AS.

Beberapa pejabat bahkan melihat potensi tidak adanya pemotongan sama sekali pada tahun ini. Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari mengatakan pada hari Senin bahwa kebijakan tersebut mungkin tidak diperlukan jika inflasi terus mengalami tren sideways.

(bbn)

No more pages