Logo Bloomberg Technoz

Secara keseluruhan, paket ini akan mendukung lebih dari US$65 miliar investasi di tiga pabrik oleh TSMC, pembuat cip untuk perusahaan-perusahaan seperti Apple Inc dan Nvidia Corp.

Lokasi fabrikasi ketiga TSMC, atau fab, akan mengandalkan teknologi proses 2-nanometer next-gen. Seluruhnya dijadwalkan akan beroperasi sebelum akhir dekade ini.

Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo mengatakan bahwa chip 2nm sangat penting untuk teknologi yang sedang berkembang, termasuk kecerdasan buatan (artificial intelligence), dan juga untuk militer. 

“Pertama kalinya, kami akan membuat cip semikonduktor tercanggih di dunia dalam skala besar di sini, di AS, dengan para pekerja Amerika,” kata Raimondo kepada para wartawan dalam sebuah konferensi pers menjelang pengumuman tersebut. TSMC berencana untuk membuat chip 2nm pertama kali di Taiwan pada tahun 2025.

Butuh waktu berbulan-bulan sebelum TSMC menerima dana yang dijanjikan, karena perusahaan memasuki periode uji tuntas sebelum mencapai kesepakatan final yang mengikat.

Dana kemudian akan dicairkan berdasarkan tolok ukur konstruksi dan produksi, dan dapat ditarik kembali jika TSMC tidak memenuhi kesepakatan. 

Pencapaian TSMC menandai tonggak sejarah lain dalam upaya Biden untuk meningkatkan industri semikonduktor AS dengan Chips and Science Act 2022.

Upaya pemerintah presiden AS Joe Biden untuk menarik investasi bidang cip atau semikonduktor. (Dok: Bloomberg)

Ini adalah salah satu yang terbesar yang diumumkan di bawah program yang sama, menyisihkan US$39 miliar dalam bentuk hibah langsung — ditambah pinjaman dan jaminan senilai US$75 miliar — untuk membujuk perusahaan semikonduktor membangun pabrik di AS setelah beberapa dekade mengalihkan produksinya ke luar negeri.

Intel Corp telah menandatangani kesepakatan awal untuk hibah dan pinjaman senilai hampir US$20 miliar, sementara Samsung Electronics Co asal Korea Selatan diperkirakan akan menerima hibah lebih dari US$6 miliar.

Departemen Perdagangan AS juga telah memberikan tiga penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang memproduksi cip generasi lama dan diperkirakan akan mengumumkan paket miliaran dolar untuk Micron Technology Inc dalam beberapa minggu ke depan.

Berbagai perusahaan telah mengumumkan lebih dari US$200 miliar investasi di AS sejak Biden menjabat, dengan klaster terbesar muncul di Arizona, Texas, dan New York.

Perjanjian yang diresmikan pada hari Senin ini muncul setelah berbulan-bulan negosiasi dengan Departemen Perdagangan dan TSMC, pembuat cip terbesar di dunia berdasarkan pangsa pasar.

TSMC.

“Pendanaan yang diusulkan dari CHIPS dan Science Act akan memberikan TSMC kesempatan untuk melakukan investasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini dan menawarkan layanan foundry teknologi manufaktur tercanggih di AS,” kata Chairman TSMC Mark Liu.

Upaya TSMC di Phoenix membawa pertaruhan politik tambahan bagi Biden, yang mengalahkan Donald Trump di Arizona dengan selisih sekitar 10.000 suara pada tahun 2020 dan sedang mencari kemenangan lain di negara bagian yang diperebutkan dengan ketat untuk membantu mengamankan pemilihan kembali. 

Meskipun investasi di Arizona dimulai pada tahun terakhir masa jabatan Trump, proyek-proyek TSMC di negara bagian tersebut telah semakin terkait dengan pesan kampanye Biden untuk merevitalisasi ekonomi.

“Manufaktur semikonduktor dan lapangan pekerjaan kembali bangkit" di AS. Hari ini, kita terus membangun kemajuan bersejarah tersebut,”  kata Biden dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Gedung Putih.

Arizona telah menuai beberapa manfaat terbesar dari Chips Act, dengan ekspansi besar-besaran yang dilakukan oleh Intel di samping lusinan inisiatif rantai pasokan.

Hibah TSMC mencakup dana sebesar US$50 juta untuk melatih pekerja lokal, dan akan menciptakan 6.000 pekerjaan manufaktur berteknologi tinggi dan lebih dari 20.000 pekerjaan konstruksi, kata Raimondo.

Proyek ini juga diharapkan mendapat manfaat dari kredit pajak untuk investasi, menurut seorang pejabat administrasi senior lainnya, yang mendiskusikan penghargaan tersebut dengan syarat anonimitas menjelang pengumuman.

Lokasi TSMC telah mengalami beberapa kemunduran, termasuk berbulan-bulan konflik dengan serikat pekerja yang mengakibatkan penundaan di pabrik pertama.

Fasilitas kedua, yang sekarang dijadwalkan untuk mulai memproduksi chip 2nm dan 3nm pada tahun 2028, ditunda dari tahun 2026 karena kondisi pasar dan ketidakpastian tentang tingkat dukungan pemerintah AS.

Setidaknya satu pemasok TSMC telah membatalkan proyek Arizona yang direncanakan, dengan alasan kesulitan tenaga kerja.

Perusahaan ini juga memiliki proyek internasional lainnya yang sedang berjalan di Jepang dan Jerman. TSMC mengadakan upacara pembukaan tahun ini untuk pabrik Kumamoto, yang didukung oleh pemerintah Jepang melalui subsidi.

(bbn)

No more pages