Logo Bloomberg Technoz

Mengacu pada pernyataan tersebut, Menteri Pertahanan Jepang Minoru Kihara mengatakan bahwa dia melihat Aukus sebagai sesuatu yang penting dan menambahkan bahwa pemerintah akan terus melanjutkan upaya-upaya untuk meningkatkan daya tangkal, demikian dilaporkan Kyodo News. 

Pengumuman kedua menteri pertahanan tersebut merupakan upaya baru untuk menjalin hubungan keamanan regional dengan Jepang, ketika Perdana Menteri Fumio Kishida mengunjungi Washington untuk melakukan pertemuan tiga negara dengan Presiden Joe Biden dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. Kishida dijadwalkan akan bertemu empat mata dengan Biden pada tanggal 10 April. 

Read More: Menhan Jepang Kishida Menganjurkan Jaringan Pertahanan yang Lebih Luas Menjelang Lawatan ke AS

AS belum merinci apa yang diharapkannya dari KTT tersebut meskipun para pejabat AS telah mengatakan bahwa mereka mengharapkan adanya keuntungan penting. Dalam sebuah diskusi minggu lalu, Wakil Menteri Luar Negeri Kurt Campbell mengatakan bahwa KTT ini akan menjadi "bersejarah dan sebagian besar akan bersejarah bagi pembaruan kemitraan keamanan AS-Jepang."

Australia menandatangani kemitraan keamanan Aukus dengan AS dan Inggris pada September 2021, bagian dari poros Washington dan London untuk memperkuat kehadiran mereka di kawasan Indo-Pasifik seiring dengan meningkatnya kekuatan militer Tiongkok. Campbell merupakan arsitek utama kesepakatan itu dalam perannya sebagai penasihat utama Biden di Asia.

Ketika ditanya tentang laporan bahwa anggota Aukus akan mengadakan pembicaraan untuk menambahkan Jepang, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Mao Ning mengatakan bahwa pengelompokan itu "meningkatkan perlombaan senjata di Asia-Pasifik yang merugikan perdamaian dan stabilitas di kawasan itu."

"Kami menentang negara-negara yang relevan untuk menyusun pengelompokan eksklusif dan memicu konfrontasi blok," katanya pada hari Senin pada konferensi pers reguler.

(bbn)

No more pages