Logo Bloomberg Technoz

Kenapa Gerhana Matahari 8 April Terjadi Setiap 54 Tahun?

Redaksi
03 April 2024 18:00

Ilustrasi terjadinya Gerhana Matahari pada 8 April 2024. (Dok: Space.com)
Ilustrasi terjadinya Gerhana Matahari pada 8 April 2024. (Dok: Space.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Fenomena alam Gerhana Matahari merupakan siklus berkala sekitar setiap 54 tahun, dan akan terjadi lagi pada 8 April mendatang. Terakhir kali terjadi pada 1970 di wilayah Amerika Utara. Peluang Gerhana Matahari kemudian baru akan terjadi pada 2078.

Diketahui Gerhana Matahari Cincin kali ini terjadi dan dapat diamati secara detail di sisi utara Benua Amerika. Beberapa daratan yang bisa mengamati langsung Gerhana Matahari mulai dari  Meksiko hingga Arktik di Kutub Utara.

Gerhana Matahari Cincin dalam beberapa hari lagi, menyebabkan pandangan Matahari akan terhalang dan menyisakan sisi tepi. Gerhana tahun ini lebih banyak melewati lautan dan samudra hingga jumlah orang yang mampu mengamati menjadi terbatas. 

Siklus terjadi saat banyaknya pusat bulan melaju dengan kecepatan lebih dari 2.400 km per jam melintasi Amerika Utara pada posisi Gerhana Matahari Cincin atau sempurna 8 April. Keseluruhan jalur bayangan atau gelap bulan yang melintasi permukaan bumi, hanya selebar 185 km. 

Bagi sebagian besar dari 40 juta orang yang tinggal di wilayah terpapar Gerhana Matahari ini mungkin akan menjadi peristiwa sekali seumur hidup, namun gerhana matahari adalah hasil dari pola jangka panjang yang berulang dalam rentang waktu yang jauh lebih besar daripada kehidupan manusia.