Logo Bloomberg Technoz

Fenomena lain pada 8 April adalah terlihatnya 'komet setan' seukuran gunung Everest saat langit gelap di siang hari. Koten setan atau Pons-Brooks berputar mengelilingi Matahari dari 0,8 unit astronomi.

Jarak yang relatif dekat dari orbit Bumi namun masuk  kategori tidak berbahaya. Jarak setara 1109,7 juta km.

Baca Juga: Cek Jadwal dan Lokasi Gerhana Matahari 8 April 2024

Meski tidak berbahaya Komet Setan tetap melewati bumi tepat dua minggu setelah fenomena alam Gerhana Matahari 8 April, tepatnya di 21 April 2024.

Untuk melihat Komet Setan dibutuhkan alat bantu teropong atau bisa juga dengan mata telanjang saat langit malam, dilansir dari Space.com.

Mengamati gerhana. (Dok: Bloomberg)

Efek Gerhana Matahari ke Planet Bumi, Sampai ke Indonesia?

Prediction Center Project Manager di Space Weather, Bryan Brasher mengatakan bahwa gerhana hari ini embuat tepian plasma Matahari tampak meledak-ledak — efek dari siklus 11 tahunan yang tengah mencapai puncak maksimum.

Ledakan yang mendorong gelombang cahaya keluar di seluruh spektrum, termasuk cahaya tidak tidak dapat dilihat kasat mata, seperti Gamma dan X, tentu dapat membahayakan manusia.

Dampak yang patut jadi perhatian adalah para astronom yang tengah berada di luar angkasa atau di ketinggian (seperti di dalam pesawat terbang). Mereka dapat terpapar radiasi. Kerusakan dalam jangka pendek adalah iritasi kulit. Untuk jangka panjang bisa terpapar kanker kulit.

Namun, hal ini kemudian dapat ditangkap oleh atmosfer Bumi - terjadi penyerapan pada sebagian besar sinar berenergi tinggi tersebut.

Apa itu Gerhana Matahari Total?

Bulan akan sejajar sempurna antara bumi dan matahari di tengah hari, menghalangi cahaya matahari. Gerhana penuh ini akan berlangsung lebih lama dari biasanya karena jarak bulan ke bumi hanya sekitar 360.000 kilometer, salah satu jarak terdekat di tahun ini. 

Semakin dekat bulan ke bumi, semakin besar ia terlihat di langit dari perspektif kita, sehingga menghasilkan periode kegelapan yang sangat panjang dan intens saat matahari tertutup.

Gerhana matahari total akan berlangsung paling lama di Meksiko yaitu selama 4 menit 28 detik. Di tempat lain di sepanjang jalur gerhana, seperti di Syracuse, New York, gerhana matahari total hanya akan berlangsung selama 1 menit 30 detik.

Penawaran wisata gerhana matahari total di Indiana, AS.

Gerhana Matahari Hari ini 8 April, 15 Negara Bagian di AS Dilewati

Ada sekitar 15 negara bagian di Amerika Serikat akan dilewati fenomena alam langka, Gerhana Matahari Total (GMT), seperti Dallas, Indianapolis, hingga Cleveland. Jalur totalitas dalam skala kecil terjadi di sebagian Tennessee dan Michigan.

Indonesia tidak menjadi bagian yang dapat melihat langsung Gerhana Matahari, naman NASA menyiarkan secara langsung rangkaian fenomena ini dan bisa disaksikan di sini.

Secara garis besar Gerhana Matahari akan melewati jalur, mulai dari pantai Pasifik Meksiko, wilayah Amerika Utara pada pukul 11:07.

Bergeser ke  Texas, dan melintasi Oklahoma, Arkansas, Missouri, Illinois, Kentucky, Indiana, Ohio, Pennsylvania, New York, Vermont, New Hampshire, dan Maine.

Gerhana akan memasuki Kanada di Ontario Selatan, dan berlanjut melalui Quebec, New Brunswick, Prince Edward Island, dan Cape Breton. Gerhana akan keluar dari benua Amerika Utara di pantai Atlantik Newfoundland, Kanada, pada pukul 17:16 NDT.

Gerhana Buat Bumi Gelap Total?

Terdapat kabar hoax bahwa bumi akan gelap gulita karena ada Gerhana Matahari. Yang terjadi kegelapan hanya berlangsung selama sekitar empat menit, bukan sepanjang 72 jam.

Ahli Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin menjelaskan bahwa narasi bahwa Bumi memasuki photon belt atau sabuk foton juga tidak dikenal dalam sains.

“Hoax serupa tentang kegelapan di Bumi sudah menyebar sebelumnya dengan berbagai penyebab. Bumi memang pernah alami kegelapan total bertahun-tahun karena tumbukan asteroid sekitar 10 km, itu terjadi 66 juta tahun lalu,” kata dia.

(wep)

No more pages