Logo Bloomberg Technoz

Donatur dengan kantong dalam juga turut menyumbang, termasuk US$26 juta yang dikumpulkan kampanye dalam sebuah acara bulan lalu di Kota New York yang menampilkan Biden dan mantan Presiden Bill Clinton serta Barack Obama.

Biden telah mengumpulkan lebih dari $422 juta sejak meluncurkan penawaran pemilihannya kembali pada April tahun lalu. Sebagai petahana dengan hanya oposisi nominal di pemilu pendahuluan, dia telah dapat menumpuk uang untuk pemilu umum. 

Sementara itu, Trump berjuang melalui musim pemilu pendahuluan yang mahal, menangkis penantang termasuk Gubernur Florida Ron DeSantis dan mantan Duta Besar untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa Nikki Haley.

Pada bulan Maret, 704.000 donor memberikan 864.000 kontribusi, dengan total harian terbesar Biden adalah US$10 juta yang dikumpulkan setelah pidato Kenegaraannya. Sebuah kontes untuk menghadiri penggalangan dana di Kota New York menghasilkan $9,5 juta dari kontributor akar rumput.

"Uang yang kami kumpulkan adalah historis, dan itu akan menuju ke pekerjaan kritis membangun operasi yang menang," kata manajer kampanye Julie Chavez Rodriguez dalam sebuah pernyataan, menunjuk pada kantor-kantor kampanye di seluruh negara, staf yang berkembang di negara-negara medan pertempuran dan program media berbayar mereka.

Biden berharap dapat memanfaatkan tantangan hukum Trump, yang mencakup empat dakwaan kriminal yang telah mengurangi sebagian dari dana perangnya.

Dalam pesan penggalangan dana hari Sabtu, kampanye Biden mempromosikan hasil donasi kecilnya sebuah ciri khas dari penggalangan dana Trump di masa lalu dan mengatakan bahwa lawannya berada di Florida "mengumpulkan cek dari beberapa miliarder yang mencari pemotongan pajak."

Trump, yang baru mulai menggalang dana dengan Komite Nasional Partai Republik pada pertengahan Maret, mengumpulkan US$65,6 juta, tetapi siap untuk mengumpulkan lebih banyak.

Menurut pernyataan dari miliarder tersebut, sebuah acara di Palm Beach yang diadakan oleh John Paulson pada hari Sabtu yang dihadiri oleh kontributor yang menulis cek enam angka menghasilkan US$50,5 juta untuk Trump.

Sampai dia mengamankan nominasi dan mulai menggalang dana untuk RNC dan partai negara bagian, Trump hanya dapat menerima US$3.300 dari individu untuk kampanyenya. Sekarang dia dapat menerima US$814.600 per donor.

(bbn)

No more pages