Logo Bloomberg Technoz

Libur Panjang Lebaran, Listrik Jatim—Bali Andalkan PLTU Paiton

Mis Fransiska Dewi
06 April 2024 19:20

PLTU Paiton di Probolingggo, Jawa Timur./dok. PLN
PLTU Paiton di Probolingggo, Jawa Timur./dok. PLN

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan pasokan listrik untuk periode Lebaran 2024 di wilayah Jawa, Madura, dan Bali sanggup diamankan dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Paiton.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan telah melakukan inspeksi langsung ke PLTU Paiton yang berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

“Saya ingin mengecek langsung kondisi operasional PLTU Paiton yang menjadi salah satu penopang kelistrikan Jawa, Madura, dan Bali [Jamali]. Setelah mengecek semua, kami bersyukur pembangkit dalam kondisi aman dan prima, sehingga siap memasok listrik secara optimal untuk masyarakat,” ucap Darmawan dikutip Sabtu (6/4/2024).

Total kompleks PLTU Paiton berkapasitas 4,7 gigawatt (GW) dan berkontribusi memasok sekitar 60% listrik di Jawa Timur. Sementara itu, bagi sistem kelistrikan areal Jamali, pembangkit ini memasok 17% kebutuhan listrik. 

Adapun, beban puncak pada sistem Jamali saat momen Idulfitri diperkirakan mencapai 21.000 megawatt (MW), dengan daya mampu pasok (DMP) mencapai 35.000 MW.