Logo Bloomberg Technoz

Musim Mudik: Permintaan Pertalite Naik 11%, Pertamax Turbo 90%

Redaksi
06 April 2024 16:00

Mobil mengisi BBM di SPBU Pertamina Rest Area Tol Tangerang - Jakarta KM 14, Senin (1/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Mobil mengisi BBM di SPBU Pertamina Rest Area Tol Tangerang - Jakarta KM 14, Senin (1/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan konsumsi Pertalite naik 11% pada musim mudik Lebaran sampai dengan Sabtu (6/4/2024) dibandingkan dengan periode normal.

Tidak hanya itu, konsumsi Pertamax dan Pertamax Turbo masing-masing melonjak 90%, sedangkan kerosene naik 43% dari hari normal. Adapun, permintaan Solar juga membengkak 9%, Dexlite 29%, Dex 33%.

"Menghadapi Lebaran kali ini, tingginya angka pemudik dari 2023 meski diantisipasi dengan mengamankan [stok] bensin. Perlu diperhatikan juga kantong-kantong [lokasi bahan bakar minyak/BBM] yang relatif padat dilalui pemudik," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif saat memberikan pengarahan kepada Satgas RAFI secara virtual di Jakarta, Sabtu (6/4/2024).

Sebelumnya, kementerian juga sudah melakukan peninjauan di sejumlah titik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), terminal BBM, dan pembangkit dan transmisi ketenagalistrikan guna memastikan keamanan pasok energi selama periode libur Lebaran.

Arifin menyebut arus mudik cenderung terpusat ke arah Sumatra, Jawa, dan Nusa Tenggara pada akhir pekan ini, seiring dengan realisasi harian BBM di sejumlah provinsi.